Kritik Tanpa Intrik: Jubir Istana vs Refly Harun soal Kasus Ahok (Part 2) | Mata Najwa

4 702 Ditonton 492 rb

Ketua YLBHI Asfinawati mengatakan penegakan hukum dalam jerat kasus UU ITE menjadi selektif ketika bersinggungan dengan politik, apakah dekat dengan pemerintah atau oposan.
Fadjroel Rachman kemudian menanyakan soal kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang adalah sosok yang dekat dengan Jokowi, namun berakhir di penjara.
“Untuk kasus bukan delik aduan itu inisiatif polisi. Kasus Ahok bukan delik aduan karena kalau dia bukan delik aduan itu dia diserahkan ke polisi. Nuansa politik 2017 ikut mewarnai kasus ini sehingga polisi gak bisa bedain delik aduan dan delik umum,” kata pakar hukum tata negara Refly Harun.
#MataNajwa #kapalapi
(Narasi)
Tonton juga Mata Najwa eps. [Kritik Tanpa Intrik] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah.
Part 1 - bit.ly/3pq6FDf
Part 2 - bit.ly/2Ng0ftt
Part 3 - bit.ly/3apTGNM
Part 4 - bit.ly/2ZsFD3z
Part 5 - bit.ly/3biGSIj
Part 6 - bit.ly/3qyVlpK
Part 7 - bit.ly/3quvlvX
Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
Tonton konten lainnya juga di IDpic Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeIDpicNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
- Narasi Entertainment bit.ly/SubscribeYTNarasiEntertainment
- Narasi Stories bit.ly/SubscribeNarasiStories
- Narasi Talks bit.ly/SubscribeNarasiTalks
- Narasi Sports bit.ly/SubscribeNarasiSports
Jangan lupa subscribe yaa..
Follow:
najwashihab
NajwaShihab
najwashihabofficial

Komentar

  1. Najwa Shihab
    Najwa Shihab
    16 hari yang lalu

    Tonton juga Mata Najwa eps. [Kritik Tanpa Intrik] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah. Part 1 - bit.ly/2LYxD7l Part 2 - bit.ly/2ZDUit7 Part 3 - bit.ly/3jYOSSP Part 4 - bit.ly/3poX6EI Part 5 - bit.ly/3atKZC3 Part 6 - bit.ly/2NBIPam Part 7 - bit.ly/3pnZ48o

    1. kyo kichi
      kyo kichi
      8 hari yang lalu

      Wkwkwkwkwwkwkw sekarang udah seperti TV 2

    2. Annisa Ahyarika
      Annisa Ahyarika
      11 hari yang lalu

      -

    3. Annisa Ahyarika
      Annisa Ahyarika
      11 hari yang lalu

      5

    4. Annisa Ahyarika
      Annisa Ahyarika
      11 hari yang lalu

      3

    5. Annisa Ahyarika
      Annisa Ahyarika
      11 hari yang lalu

      L.

  2. Aul Anshari
    Aul Anshari
    5 jam yang lalu

    Abu janda dan densi gak ditangkap krn buzzer rezim.. Itu aja

  3. Bapak Musyaffak
    Bapak Musyaffak
    23 jam yang lalu

    Fajruel penjilat asli

  4. Sunaryo Jakarta
    Sunaryo Jakarta
    Hari Yang lalu

    Fajrul gak berani bilang yg jujur takut di berhentikan rezim dagelan

  5. Alfian Muhammad
    Alfian Muhammad
    Hari Yang lalu

    SEBETULNYA YANG JADI PERMASALAHAN BUKAN UU ITE NYA, TAPI CARA BERPIKIR APARAT, ELITE DAN BUZZER LAH YANG MESTI DIBENAHI! KARENA PERCUMA AJA UU ITE DIPERBAIKI, KALO ISI OTAK AJA GA DIPERBAIKI!

  6. Subagiono Aprilianto
    Subagiono Aprilianto
    Hari Yang lalu

    Makanya anak JK jangan suka Baper dan sedikit2 lapor ke Polisi emangnya JK itu Chaplin, kalo fak merasa ya diem aja...justru dengan bereaksi orang2 jadi semakin tahu dan terbuka....

  7. Maiden Grab
    Maiden Grab
    Hari Yang lalu

    Inilah yg disebut bangsa barbar.... dulu waktu undang undang ITE dibuat..... para kadrun diam,sekarang para kadrun banyak yg dilaporkan melanggar mis penghinaan dsb......eh mereka sibuk ingin merevisi undang undang ITE.....itu namanya menang sendiri........dasar kadrun kadrun

  8. Depan Nama
    Depan Nama
    2 hari yang lalu

    Titik awal permasalahan adalah pas ahok

  9. Allan 28
    Allan 28
    2 hari yang lalu

    Jubir ko jongkok

  10. Muhammad syaifudin
    Muhammad syaifudin
    2 hari yang lalu

    Bahasa mantan .

  11. KAKA 665
    KAKA 665
    2 hari yang lalu

    HARUN MASIKU kemana wooooooooyyy.... Apa di sembunyikan.. ya

  12. KAKA 665
    KAKA 665
    2 hari yang lalu

    Banyak Buzzer tukang cari korban buat di polisikan.. Dengan alasan *(UU ITE)* Sungguh tukang adu domba.. Mana.. woooooy yg hina pak *ANIES* Para oknum" Partai Sirik Indonesia

  13. Incu Betmen
    Incu Betmen
    2 hari yang lalu

    Fajrul makin eror aja😀

  14. Hari hery
    Hari hery
    2 hari yang lalu

    820juta pengguna internet..makluk dari alam goib juga yg di hitung..

  15. Zaimon Zaimon
    Zaimon Zaimon
    2 hari yang lalu

    Bang refly... Mana tahu itu Fajrul delik aduan deNgan delik Umum... Tanya ke orang dunguuuuuuuuuuu

  16. kusdiana dadan
    kusdiana dadan
    2 hari yang lalu

    1 kata buat sipajrul...."PENJILAT"

  17. Musamuda Safir
    Musamuda Safir
    2 hari yang lalu

    Sipit itu BANDIT

  18. YAYAN ABDI HERYANTO
    YAYAN ABDI HERYANTO
    2 hari yang lalu

    Itu contohnya banyak banget bung... pertanda apa, gak mengerti kah?

  19. Agus Kurniawan
    Agus Kurniawan
    2 hari yang lalu

    Si panjul gak ngerti bahasa hukum. Bikin bung refly cape2 ngomong aja...

  20. Luxman Rahim
    Luxman Rahim
    3 hari yang lalu

    Bang refly... Percuma debat dengan penghuni neraka jahannam.

  21. Mudjayanah Esan
    Mudjayanah Esan
    3 hari yang lalu

    Terlalu banyak canel u tup yg menggarut mengadu domba tak membantu memajukan negara tak menbatu peluang perjaan hanya manbatu mula pergaduhan saja

  22. Joe Sie
    Joe Sie
    3 hari yang lalu

    Akal akalan pada kaya Raya Mantep kaga ketauan

  23. Rahmat Kurniawan
    Rahmat Kurniawan
    3 hari yang lalu

    saran gua beli item IMMORTAL deh yg pada oposisi

  24. Rahmat Kurniawan
    Rahmat Kurniawan
    3 hari yang lalu

    mas jubir ngerti ga ? kalo ga ngerti rebahan aja yaa

  25. apek Lanang
    apek Lanang
    3 hari yang lalu

    kasian pajrul di ajari ama pakar hukum...wkwkwkwkkkk....

  26. Wiydy Asm
    Wiydy Asm
    3 hari yang lalu

    Fajrul nampaknya blm faham apa yg di sampaikan Refli ttng delik aduan dan pidana umum, bgetu kok jadi jubir apa krn dah tertutup oleh jabatan ya, jadi pengamat aja bro !!

  27. lady first
    lady first
    3 hari yang lalu

    Bang fajrul ketahuan isi otaknya.

  28. syakier sagarata
    syakier sagarata
    3 hari yang lalu

    bang F, urat malu n urat harga dirinya dah tergadaikan... sebenarnya saya dah "No Comment" ma bang F mah akh... hehehehe

  29. Rusta
    Rusta
    4 hari yang lalu

    Hajar bang refli.

  30. Web tigasatu
    Web tigasatu
    4 hari yang lalu

    Kamu pinter ngomong jrul 😅 🤣 gak malu

  31. Fikri Anugerah
    Fikri Anugerah
    4 hari yang lalu

    "Hanya di negara ini, kebebasan yang di atur atur" -rocky gerung

  32. amit amit jabang bayi
    amit amit jabang bayi
    4 hari yang lalu

    Yang penting harus berani jujur saja percuma orang pandai orang relegius orang pandai orang akademisi kalau nggak jujur cuma tayangan perdebatan jujur saja itu penting

  33. Siti Zuriah
    Siti Zuriah
    4 hari yang lalu

    Ternyata pak jubir otak nya kurang cair karna kurang piknik heheheheh

  34. Alfarisi Ahmad
    Alfarisi Ahmad
    5 hari yang lalu

    Panjul, bacott lo nyampah doang !!!

  35. istiqomah moslem
    istiqomah moslem
    5 hari yang lalu

    Yg jelas, Kalau pendukung pemerintah Laporan bisa Cepat diproses, tapi kalau bukan pendukung pemerintah, Mau Sampai kapan pun itu yaa Gitu Laah... Mau jadi Apakah negara ini kedepan nya ya,,, sekarang malah Miras di legalkan....😭😭😭😭

  36. Cello Konseng
    Cello Konseng
    5 hari yang lalu

    Di Indo setelah masa bakti jadi cerdas n bijak. Waktu dlm kekuasaan plonga plongo....

  37. Wiwi Wiwi
    Wiwi Wiwi
    5 hari yang lalu

    Rul rul..tampak skli o'on nya

  38. Romi Orie
    Romi Orie
    5 hari yang lalu

    Ahok kalau tidak di demo berjilid jilid lewat ngak di proses

  39. Stargazer
    Stargazer
    5 hari yang lalu

    Senjata mereka smp kiamat cuma 1, Ahok..hahahha..lihat sisi satunya..berapa banyak Fajroelllllll

  40. Danil Wirawan
    Danil Wirawan
    5 hari yang lalu

    Ga mau komen yg aneh2.....takut di ciduk

  41. C_S fishing
    C_S fishing
    5 hari yang lalu

    Mba tolong donk britanya anggota FPI yg tewas kisah kelanjutan nya kaya apa

  42. NOLDIE ANDRE MUNTU
    NOLDIE ANDRE MUNTU
    5 hari yang lalu

    Salahnya penguasa BUMN..kenapa memecat RH..akhirnya jadi anti pemerintah..

  43. Danny Dardack
    Danny Dardack
    5 hari yang lalu

    Ingin Sekali Sya Pindah Ke Planet Ploto.

  44. mr tabz
    mr tabz
    5 hari yang lalu

    Fajrul blom paham kali bang, jadi susah ngasih taunya

  45. Ibnu Khotib
    Ibnu Khotib
    5 hari yang lalu

    Sama-sama punya buzzer aj,ga sh saling menyalahkan, PKS, DEMOKRAT, JK,jga punya buzzer KADRUN ko,klo kalah narasi ngeluh BUZZER

  46. dodok sambikolo
    dodok sambikolo
    5 hari yang lalu

    Pekok , hany jdi penjilat ,,, pekok jruylll

  47. herson budianto
    herson budianto
    5 hari yang lalu

    Korban ya..kasian....

  48. fanatik kok begok
    fanatik kok begok
    5 hari yang lalu

    Jangan terlalu sering berbicara bung Fajrul nanti makin keliatan begoknya

  49. fanatik kok begok
    fanatik kok begok
    5 hari yang lalu

    Alah UU ITE itu buat pertahanan para pemegang jabatan di pemerintahan aja gua ngomongin pemerintahan Yugoslavia ya

  50. fanatik kok begok
    fanatik kok begok
    5 hari yang lalu

    Mbak Najwa kalau bintang tamu itu mesti apple to Apple lah masak Apple to manggo nggak cocok kalau pak refli terlalu pintar beliau jadi keliatan begok lawan debat beliau jadinya

  51. dylan ars
    dylan ars
    5 hari yang lalu

    itu yang lapor ga jauh jauh.. paling juga Buzzer2 JOKOWI. yang benci islam dan ulama2 lurus. azrul biar kritis di jaman SBY klo dah nyemplung di empang kodok nyebong pula. coba si fazrul suruh bicara kasus penyiraman ke novel baswedan. murni kriminal atau korban2an

  52. Jumsiah Sos
    Jumsiah Sos
    6 hari yang lalu

    Kritiklah pemerintah jika merasa dirugikan tp mhn diberi alasan yg mendasar kemudian sipengkritik sebaiknya sampaikan solusinya utk dipertimbangkan bisa jd kritikan menjadi masukan utk pemerintah, tp jk kritik utk menyudutkan pemerintah tnp solusi apalagi jika penghinaan makian bagaiman jadinya negeri ini bisa maju dan jk terjadi pelecehan fitnah yg keji sy fikir wajar sj terjerat uuite, sebagai org awam sy hanya bisa mendengar menyaksikan selama ini🙏🙏

  53. Sulaiman Darmansah
    Sulaiman Darmansah
    6 hari yang lalu

    tolong bapak jubir bedakan penyebutan singkatan bahasa inggris dan Indonesia.... Informasi & Tansaksi Elektronik itu pake bahasa Indonesia bukan bahasa inggris cukup I T E bukan ai ti ei.... wkwkwk salam dari masyarakat mu yg goblok.....

  54. Hendriyana Soemantri
    Hendriyana Soemantri
    6 hari yang lalu

    fajrul,,,,menjijikkan opportunis !

  55. Waloyo Wibowo
    Waloyo Wibowo
    6 hari yang lalu

    fajrol sangat statis dlm debat yg tdk dinamis, dan sebagai juru bicara semacam ini tdk akan menghasilkan hal baik, fajrul melakukan kedunguan dlm komunikasi publik, krn tdk bisa menfhadirkan komunikasi dgn masyarakat ttg pidato jokowi, dia komunikasi caranya sendiri, yg kadang keliru dgn konten UU ITE,

  56. Ririn Herman
    Ririn Herman
    6 hari yang lalu

    Najwa saya ini tinggcal di lampung, saya ini bukan baZer , dan salya berkomentar di medsos atas ini siatip saya sendiri dan siapa yg bayar tdk ada sama sekali dan tdk ada yg nyuruh2 saya murni karna. Menurut saya kritik membangun itu beda sekali dg menghina mrnghujat mencaci mencela jadi berdasarkan itulah saya terpanggil utk komentar dan saya tdk ngerti politik yg jelas saya tidak berat sebelah kalau benar ya saya katakan benar dan kalau salah saya katakan salah!!

  57. lestari jaya
    lestari jaya
    6 hari yang lalu

    Fajroel vs refly harun ibarat anak kelas 5 Sd lawan mahasiswa

  58. Supriyadi Odi
    Supriyadi Odi
    6 hari yang lalu

    Fadjroel .jgn ungkit masalah Al maidah .

  59. Beny amin
    Beny amin
    6 hari yang lalu

    RH sangat gak mutu...

  60. Beny amin
    Beny amin
    6 hari yang lalu

    Acaranya aja gak mutu mau karet gak karet menngeritik ya pakai etika juga bukan alasan demokrasi .. UU ITE produk jaman siapa berkuasa tong ?

  61. Pak Kendro
    Pak Kendro
    6 hari yang lalu

    Fajrul si tumpul

  62. Ainur Ghazi
    Ainur Ghazi
    6 hari yang lalu

    Saya pilih Anies jadi Presiden ha.. ha... ha...

  63. Wahid Ashari
    Wahid Ashari
    6 hari yang lalu

    ENAK JAMAN SUHARTO AMAN!!! KALIAN INGIN DEMOKRASI TANPA ATURAN? DEMOKRASI ADA ATURANNYA BUNG GAK ASAL BACOT DAN INTRIK POLITIK

  64. Yurry Ardiansyah
    Yurry Ardiansyah
    6 hari yang lalu

    Viral dlu baru diusut😄

  65. Reds Merseysider
    Reds Merseysider
    6 hari yang lalu

    Laporan ke polisi tentang pelanggaran orang orang kubu politik penguasa itu buuaaanyak, cuma saja untuk khusus Ahok, dia tidak di backing penguasa, karena penguasa khawatir kredibilitasnya anjlok bila nolongin ahok, sementara sedang gencar2nya waktu itu penguasa ingin meraih simpati massa utk pilpres 2019, paham mas Fajroel. jangan pura2 ga tau hal inilah. logika anak SMP aja dah nyampe mahamin hal ini. BIsa jadi Ahok dikorbankan, ketika melihat person pro pemerintah yang lain dibela, sedangkan Ahok tidak, karena takut pencitraan penguasa yang telah dibangun luntur seketika.

  66. Akhmad Aziz
    Akhmad Aziz
    6 hari yang lalu

    dudukmu aja sdh ga nyaman, apalagi hatimu, smg berkah hidupmu pak Jubir

  67. Icha Mita
    Icha Mita
    6 hari yang lalu

    Woy mas Refli... Seperti itulah yg dialami pak ahok pada saat kunjungan ke pulau seribu..pendengar dan yg menyaksikan ga ada yg protes/melapor ada unsur penistaan agama.justru orang lain yg melaporkan dgn editan vidio.ngaca dulu kamu Refli.bacot gede prestasi zonk 👎👎👎

  68. Arie Wieyono
    Arie Wieyono
    6 hari yang lalu

    Bagaimana kalo orang sakit hati pada pemerintah berkomentar ...

  69. JustChill Dude
    JustChill Dude
    6 hari yang lalu

    Ga jilat ga makan bos ???

  70. akay us
    akay us
    6 hari yang lalu

    tetap semangat bapak president.

  71. Yanto 38
    Yanto 38
    6 hari yang lalu

    Ada 2 ahli beda pendapat...!

  72. Yanto 38
    Yanto 38
    6 hari yang lalu

    RH obyektif dong...! Jgn karena dipecat lalu berpendapat miring...! Sdr kan Prof yang profesional...!

  73. Yanto 38
    Yanto 38
    6 hari yang lalu

    Kritik ...! Mana mungkin dilpanggil polisi..! Bedakan mengritik dan menghujat atau memaki....! Salam akal sehat jgn dungu..!

  74. Nyoman Witastra
    Nyoman Witastra
    6 hari yang lalu

    Bro.....nara sumber model ini.......???

  75. Muhammad Alfi Alfaridzi
    Muhammad Alfi Alfaridzi
    6 hari yang lalu

    Baru ngeh nih kata pak fajroel data pengguna internet periode sekian 300jt an, di periode selanjutnya naik 800jtan, dan membandingkan data pelaporan hukum. Yang jadi pertanyaan mungkin itu data pengguna di seluruh dunia kali ya bukan di indonesia, soalnya rakyat indo aja gk sampe 300jt

  76. agus alwi
    agus alwi
    7 hari yang lalu

    Ketegasan pemipin negara lemah, , kepercayaan terhadap aparat penegak hukum apa lagi , terus Apakah murni lemah atau permainan lawan politik

  77. Forum silaturahmi komunitas Masyarakat aceh bersatu
    Forum silaturahmi komunitas Masyarakat aceh bersatu
    7 hari yang lalu

    Yok bertaubat,kiamat sudah dekat,jgn kita kebanyakan ngomong aja

  78. Dimas Ferdinand
    Dimas Ferdinand
    7 hari yang lalu

    saya termasuk orang yang takut kritik pemerintah, akhirnya cuma jadi obrolan dengan teman

  79. Djeni Humena
    Djeni Humena
    7 hari yang lalu

    UU ITE di ubah apa yang salah sedangkan dunia bisa berubah dan di ubah

  80. Zeus Rabby
    Zeus Rabby
    7 hari yang lalu

    Orang goblok kayak fajrul kok bisa di lingkaran istana? mungkin pintarnya di bagian suka potong pembicaraan orang lain

  81. Supri Yadi
    Supri Yadi
    7 hari yang lalu

    dalam presiden sby itu nggak ada buzzer jahat kaya bikinan sekarang....yg laporkan buzzer.....

  82. jonbudi
    jonbudi
    7 hari yang lalu

    Ok

  83. Firdaus Roja'i
    Firdaus Roja'i
    7 hari yang lalu

    Fix, buzzer musuh bersama!!

  84. Muchtar Aja
    Muchtar Aja
    7 hari yang lalu

    Ahok waktu itu terpaksa diadili krn tekanan publik sangat masif. Tapi pembalasan dendam nya thd kelompok Islam berkali2 lipat dan berlanjut sampai sekarang. Orang kalo masuk rezim jokowi otaknya mendadak rusak parah kayak yg satu ini ...

  85. senja azzula
    senja azzula
    7 hari yang lalu

    Bnyak Rakyat yg mana ya yg lapor masalah kritik d dunia sosmed, mungkin rakyat buzzer yg lapor ya,, jdi lah UU ITE yg d tmbahin

  86. Madha Yudi
    Madha Yudi
    7 hari yang lalu

    fajrul aktivis kaleng....oportunis!!! menjijiken!

  87. Adi Triana
    Adi Triana
    7 hari yang lalu

    Setelah abu gosok kena auto revisi kan bangke.... Selama ini kmna aja bnyak banget yg bersebrangan dengan penguasa yg jadi korban UU ITE Dan kasus ahok itu bukan delik aduan Itupun karna ummat turun semua aja kejalan kalau kaga mah gabakal di proses

  88. Hafidz Fadilloh
    Hafidz Fadilloh
    7 hari yang lalu

    Tukang ngeles kok sensi orang ngejawab 😂

  89. Ika Mulyana
    Ika Mulyana
    7 hari yang lalu

    C fadjrol lieur

  90. mama aura
    mama aura
    7 hari yang lalu

    Di dalam kasus ahok. Pantaskah, dan benarkah ahok mengutip ayat Al Qur'an. Sedangkan dia bukan org islam ? Jawab fajrul..

  91. J0πh Ceπa
    J0πh Ceπa
    7 hari yang lalu

    Halah percuma group pasukan sakit hati ..gak slesai2 lah..kasus ahox mah sdh slasai gak lari dari masalah ..lah...lah...dasar lah mnding bagi2 nasbung lagi ..apa kangen kumpul2 bagi2 nasbung ya

  92. Fariza Ismir Iman
    Fariza Ismir Iman
    7 hari yang lalu

    we stand for Bung Refly #Bung Refly jangan dilawan, Beliau ahli hukum Tata Negara

  93. Fajar arjaken
    Fajar arjaken
    7 hari yang lalu

    Aku sangat berfikir positif....penjara penuh orang kritik dan presiden baru sadar karna baru dapati laporkan oleh polri... Presiden gak mau keluarin anggaran untuk memperluas penjara 🤣 btw ni jubir banyak topengnya sebenarnya pro ke presiden atau ke tuanya sih

  94. Hermawan Fegaz
    Hermawan Fegaz
    7 hari yang lalu

    Cape..ngebahasnya. Intinya semua manut pada kepentingan.

  95. MytwinPrim
    MytwinPrim
    7 hari yang lalu

    Tanya : "kalo si FR itu goblok termasuk delik aduan atau delik umum ?" Jawab : "Ooh... kalo itu termasuk DELIK TAKDIR."

  96. wahyudi yudi
    wahyudi yudi
    7 hari yang lalu

    pak jubir soalnya di jaman pak SBY gak ada buzzer. itu bedanya

  97. Riandi Saputra
    Riandi Saputra
    7 hari yang lalu

    Lucu bah jubir istana

  98. Muhammad Sodikon
    Muhammad Sodikon
    8 hari yang lalu

    Kritik nyinyir fitnah berbeda

  99. Muhammad Sodikon
    Muhammad Sodikon
    8 hari yang lalu

    Sy bukan buzzer Tp sy dukung bung fajrul

  100. Husein Yafiq 2
    Husein Yafiq 2
    8 hari yang lalu

    Fajrul Fajrul..... Tuh dengerin ahli hukum ngomong...