Pradesain Istana Negara

5 800 Ditonton 600 rb

Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.
Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.
Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

Komentar

  1. Wibu Sadulur
    Wibu Sadulur
    Jam Yang lalu

    Daripada membangun ibu kota baru mending urusin Jakarta yang tanahnya terus turun setiap tahunnya.Hampir Tenggelam! Save Our Jakarta

  2. Azizi Tan
    Azizi Tan
    2 jam yang lalu

    JAWA : udud Karo kopi wis kogah dadi

  3. MAR KONTOL
    MAR KONTOL
    4 jam yang lalu

    Wahh indah sekali klo gk ada TIKUS BERDASI nya

  4. Generation 234
    Generation 234
    4 jam yang lalu

    siapa disini yang kangen kampung halaman ☝️

  5. Vanz 21
    Vanz 21
    6 jam yang lalu

    Indonesia pas tahun 2077 pengganti cyber Pungky

  6. Iyom Romaniah
    Iyom Romaniah
    6 jam yang lalu

    Yang dislike kenapa sih?

  7. Rafy Haryoga
    Rafy Haryoga
    7 jam yang lalu

    semoga Gx dikorupsi ya pak

  8. rara Saidin
    rara Saidin
    9 jam yang lalu

    Wah bagus pak alam dan pepohonan tetap diutamakan

  9. Hariz Freeze
    Hariz Freeze
    13 jam yang lalu

    Ntarr dipinggir" sungai atau jalan, nanti ada yang jualan gerobak nanti juga, jadi tidak estetik lagi😂😀

  10. Aris Saputra
    Aris Saputra
    17 jam yang lalu

    Mantaapp jadinya palingan klo aku dah tua 🙂

  11. Eric Raffi
    Eric Raffi
    19 jam yang lalu

    Udah istana di bogor jakarta aja jangan sok sok ke kalimantan

  12. ziaul haq
    ziaul haq
    20 jam yang lalu

    Bagus sekali Pak President..., Mudah2an lancar, sukses, berkah...

  13. Fauzan Zulfi
    Fauzan Zulfi
    21 jam yang lalu

    Semoga rakyat disana mendukung, desainnya dah bagus,semoga rakyat sana gak mbangun rumah kumuh di ibu kota baru, njelek2 i

  14. The Prama Dhika
    The Prama Dhika
    21 jam yang lalu

    Klo burung garudanya dibuat patung aja yg besar lebih cocok. Ditempatkan di sejajar lurus istana. Gedung istana nya beda lagi.

  15. Hobiku kie Dewi Chuby
    Hobiku kie Dewi Chuby
    22 jam yang lalu

    Luar biasa... Keren...semga cepat terealisasi

  16. Lulu Zain
    Lulu Zain
    22 jam yang lalu

    Gak kebayang negara gw nanti bakalan se keren ini di masa depan

  17. Lulu Zain
    Lulu Zain
    22 jam yang lalu

    Sumpah keren banget ok pak buat semoderen mungkin se keren mungkin

  18. Kimun No Mercy
    Kimun No Mercy
    23 jam yang lalu

    Hoetank

  19. yow
    yow
    Hari Yang lalu

    Pak coba sewa arsitek deh, biar desainnya ndak jelek.. Rasanya lambang garuda pun itu nggak tersimbolkan.. dan gedung yang melambangkan sesuatu itu bukan berarti secara mentah bentuknya disamain🤦 Saran aja, nggak mungkin didenger juga kan

  20. Ferdhikaaudrey Ivanocalzha
    Ferdhikaaudrey Ivanocalzha
    Hari Yang lalu

    AKU INGIN PINDAH KE MEIKARTA

  21. Dionisius Thomas
    Dionisius Thomas
    Hari Yang lalu

    Keren. Luar Biasa Pak Jokowi👍

  22. Nabila NurFitriya
    Nabila NurFitriya
    Hari Yang lalu

    Woaahhh Gilak cakep banget

  23. Ananda Farhan
    Ananda Farhan
    Hari Yang lalu

    YNTKTS

  24. Moldy Gabora
    Moldy Gabora
    Hari Yang lalu

    Yg unlike ada masalah apa sih , kurang apa lagi coba, itu keren bnget dah

  25. StayTune
    StayTune
    Hari Yang lalu

    Desain istananya terlalu alay

    1. StayTune
      StayTune
      Hari Yang lalu

      @Rindra Pratama setidaknya buat sederhana aja, itu istana potensi korupsinya besar

    2. Rindra Pratama
      Rindra Pratama
      Hari Yang lalu

      Kaya lu

  26. IMA
    IMA
    Hari Yang lalu

    Kok di Jakarta kgk adackayak gini dah, sedih aku tuh 😭😂

  27. Prasandi Pinasthiko
    Prasandi Pinasthiko
    Hari Yang lalu

    keren bngt

  28. Septianputra Ian
    Septianputra Ian
    Hari Yang lalu

    Pak ini cyberpunk 2077 😎

  29. Muhammad Siraj
    Muhammad Siraj
    Hari Yang lalu

    mudah2an sesuai expektasi

  30. Ronauli Manurung
    Ronauli Manurung
    Hari Yang lalu

    Indonesia ku keren bangetttt 👏👍 indonesia maju, Jaya, SDM tinggi, SDA tinggi Presiden nya kerennnn So proud of you bapak jokowi dan Indonesia 😍😎

  31. Prem Man
    Prem Man
    Hari Yang lalu

    semua presiden sebelum Jokowi apa kerjanya?

  32. Maria Rms
    Maria Rms
    Hari Yang lalu

    Wow.. Kehijauan mendepani segala galanya.. so good.

  33. Maria Rms
    Maria Rms
    Hari Yang lalu

    Element kehijauan alam semula jadi di terapkan, di titik beratkan.. Nice..

  34. Maria Rms
    Maria Rms
    Hari Yang lalu

    Wow... Daebak.

  35. Zeta Skyline
    Zeta Skyline
    Hari Yang lalu

    Lanjutkan pak, sudah saat nya kepala burung Garuda menoleh ke arah depan. 😂😂😂

  36. MAESTRO studio
    MAESTRO studio
    Hari Yang lalu

    Pengguna sofware LUMION tersenyum melihat ini..

  37. ꧋ꦫꦏ꧀ꦪꦠ꧀ꦩꦗꦥꦲꦶꦠ꧀꧉
    ꧋ꦫꦏ꧀ꦪꦠ꧀ꦩꦗꦥꦲꦶꦠ꧀꧉
    Hari Yang lalu

    Pakai teknologi secanggih mungkin pak, pokoknya serba teknologi canggih Dan aturan di sana harus pakai kendaraan listrik, demi menjaga udara dan pandangan kurang jernih (seperti berkabut)

  38. Pijat Sehat Pria Cileungsi Bogor
    Pijat Sehat Pria Cileungsi Bogor
    Hari Yang lalu

    MANTAP ! Bagus bangett !!!

  39. Jair Bolsonaro
    Jair Bolsonaro
    Hari Yang lalu

    Entah gw doang atau emang ada yang merasa desain istana presiden nya ketinggalan zaman GK mencerminkan kemajuan bangsa di era digital

  40. G BNY
    G BNY
    Hari Yang lalu

    Bakalan mangkrak

  41. Hilmi
    Hilmi
    Hari Yang lalu

    Gmn bau hoetank:v

  42. Don Black Rose
    Don Black Rose
    Hari Yang lalu

    Tempat tinggal orang kaya, hiya hiya hiya

  43. altamis_7
    altamis_7
    Hari Yang lalu

    Semoga Indonesia bisa menjadi negara maju,aminn

  44. Sabrina Azzahra
    Sabrina Azzahra
    Hari Yang lalu

    Penuh kaca

  45. 19O5O2O5O_Alicia_ Lim
    19O5O2O5O_Alicia_ Lim
    Hari Yang lalu

    bagus bangetttt😍😍😍

  46. Totoro
    Totoro
    Hari Yang lalu

    Mohon maaf sebelum nya.. Rancangan arsitek gedung pemerintah ( ISTANA / DPR ) kurang bagus & fengshui nya ga bagus..

    1. Rindra Pratama
      Rindra Pratama
      Hari Yang lalu

      Emg lu bisa bikin? Hargai dong 😏

  47. Andre Aski
    Andre Aski
    Hari Yang lalu

    Pak saya lihat berita ada remaja yg memasukan surat ke mobil presiden kenapa bisa pak?emang Paspamresnya kemana kok bisa"nya bisa lolos memasukan barang ke mobil? Itu sangat bahaya, bagaimana jika ternyata itu yg melakukan orang jahat, dan yg di masukan itu bom apa gak sangat bahaya? Tolonglaah pak jendelahnya di tutup stidaknya membuat aman jika terjadi hal" tidak di inginkan jika mau menitip surat saya rasa bisa memalui mobil yg lain bukan langsung mobil RI1 karna sangat berbahaya pak

  48. Andre Aski
    Andre Aski
    Hari Yang lalu

    Pak saya lihat berita ada remaja yg memasukan surat ke mobil presiden kenapa bisa pak?emang Paspamresnya kemana kok bisa"nya bisa lolos memasukan barang ke mobil? Itu sangat bahaya, bagaimana jika ternyata itu yg melakukan orang jahat, dan yg di masukan itu bom apa gak sangat bahaya? Tolonglaah pak jendelahnya di tutup stidaknya membuat aman jika terjadi hal" tidak di inginkan jika mau menitip surat saya rasa bisa memalui mobil yg lain bukan langsung mobil RI1 karna sangat berbahaya pak

  49. Andre Aski
    Andre Aski
    Hari Yang lalu

    Pak saya lihat berita ada remaja yg memasukan surat ke mobil presiden kenapa bisa pak?emang Paspamresnya kemana kok bisa"nya bisa lolos memasukan barang ke mobil? Itu sangat bahaya, bagaimana jika ternyata itu yg melakukan orang jahat, dan yg di masukan itu bom apa gak sangat bahaya? Tolonglaah pak jendelahnya di tutup stidaknya membuat aman jika terjadi hal" tidak di inginkan jika mau menitip surat saya rasa bisa memalui mobil yg lain bukan langsung mobil RI1 karna sangat berbahaya pak

  50. Alvin Ceng
    Alvin Ceng
    2 hari yang lalu

    Indonesia X Wakanda

  51. Animeside
    Animeside
    2 hari yang lalu

    Desain kotanya bagus bgt, tetapi kalau desain Istana Negaranya. Enggak deh, keliatan kaku dan monoton gak cocok ama design kotanya. Kalau nanti disandingkan dg design kota malah keliatan kuno sendiri.

  52. Sandi Kurniawan
    Sandi Kurniawan
    2 hari yang lalu

    Kalau kayak gitu jadi nggak serasa di Indonesia lagi soalnya itu mewah banget

  53. Sandi Kurniawan
    Sandi Kurniawan
    2 hari yang lalu

    Waaaaaaaw mantap sekali

  54. Mikhail מיכאיל
    Mikhail מיכאיל
    2 hari yang lalu

    Tolong Pak Jokowi agar pusat perbelanjaan atau cafe jangan sampe ada dalam raidus 50km. Cukup sediakan kantin pake cctv aja. Supaya nantinya staff ASN ga bolos dan fokus kerja.

  55. Mustopa Junior
    Mustopa Junior
    2 hari yang lalu

    Baguss banget pak nuansa alamnya masih ada

  56. Isnan Ahsanul A
    Isnan Ahsanul A
    2 hari yang lalu

    Tinggal rakyat nya aja

  57. Cinta Pohonku
    Cinta Pohonku
    2 hari yang lalu

    Semoga senantiasa dilancarkan 🙏

  58. bim1
    bim1
    2 hari yang lalu

    pak jokowi reaction vidio nya ecko show🙏

  59. Wildan Ardiansyah
    Wildan Ardiansyah
    2 hari yang lalu

    Kyk the sim city Keren

  60. Lintang _
    Lintang _
    2 hari yang lalu

    Yg kutakutkan adalah adanya pendatang dari daerah lain secara besar-besaran, takutnya nanti krna gak sukses di ibukota baru malah jdi kriminal. Yg sya rasakan selama ini Kalimantan rendah tingkat kriminal

    1. Ihsan Kamil
      Ihsan Kamil
      2 hari yang lalu

      tapi kebanyakan kasus kriminal disini kebanyakan orang luar (jakarta/jabar) yg mau cari kerja disni tp gk mampu bersaing akhirnya nganggur dan jadi kriminal.

  61. Yuptra
    Yuptra
    2 hari yang lalu

    Hah gmna mau maju uang negara aja habis dimakan tikus:v,

  62. hilihkhintil
    hilihkhintil
    2 hari yang lalu

    semoga terwujud, karena negara barat saja cuma mampu diwujudkan di film black panther

  63. Republic of East Pakistan
    Republic of East Pakistan
    2 hari yang lalu

    Naive banget lo wi. Urusin dulu tuh high speed rel ama cina.

  64. Ari Shandi
    Ari Shandi
    2 hari yang lalu

    Pak jangan lupa.. .masih banyak rakyat yg blm punya tempat bernaung. Msh banyak rakyat yg makan pun susah. Jangan berlebihan anggaran utk membangun ibukota baru 😂

    1. Ari Shandi
      Ari Shandi
      2 hari yang lalu

      @Ihsan Kamil saya ga kerja. Saya cuma usaha kecil2an. Mungkin situ yg belum kerja? Atau ngemis?

    2. Ihsan Kamil
      Ihsan Kamil
      2 hari yang lalu

      kerja!!! jgn kebanyakan ngemis

  65. Susinta Agmelika
    Susinta Agmelika
    2 hari yang lalu

    Kerennn bgttt

  66. Raivan islami
    Raivan islami
    2 hari yang lalu

    Emang punya duit?

  67. Fachreizy Umar Fahmi
    Fachreizy Umar Fahmi
    2 hari yang lalu

    Palangkaraya

  68. Nuha Zain
    Nuha Zain
    2 hari yang lalu

    Bapak presiden ku ,cuma 1 lagi permintaan dari rakyat biasa ,tolong buat UUD untuk koruptor lebih di kaji lagi ,semisalnya hukuman mati ,agar Indonesia benar2 bersih dri koruptor ,negara kita kaya pak ,kelak anak2 cucu nnti tidak sengsara seperti jaman2 sblumnya ,love presiden ku❤️❤️

    1. Ollie Renn
      Ollie Renn
      Hari Yang lalu

      Iya setuju banget ngerugiin rakyat dan negara. Padahal gaji udah gede dan dapet fasilitas. Susah majunya kalo yg di pemerintahan kek gitu.

  69. sopan kh begitu?
    sopan kh begitu?
    2 hari yang lalu

    Kang Korupsi Tersenyum. Dapet proyek baru 🤣😂

  70. Fahmi Yusuf
    Fahmi Yusuf
    2 hari yang lalu

    Mntap

  71. Ahmad Humaidi
    Ahmad Humaidi
    2 hari yang lalu

    Semoga saat pembangunan sungai d sana tidak tercemar

  72. Sol Khan
    Sol Khan
    2 hari yang lalu

    Oh

  73. DaraAthallah Chanel
    DaraAthallah Chanel
    2 hari yang lalu

    Mantap

  74. stronger man
    stronger man
    2 hari yang lalu

    Terlalu mewah , takutnya ketika gempa langsung ambruk semua

  75. ilsy fiorellia berlian
    ilsy fiorellia berlian
    2 hari yang lalu

    keren sekali epribadi

  76. Adipati Manggala
    Adipati Manggala
    2 hari yang lalu

    Insa allah saya nanti yg nempatin

  77. Muhammad Emir
    Muhammad Emir
    2 hari yang lalu

    Wakanda forevahhhhh

  78. K
    K
    2 hari yang lalu

    Nah yang ini baru keren 😍😍

  79. Jejak Tokek
    Jejak Tokek
    2 hari yang lalu

    Mantap pak

  80. Narjan Saifudin
    Narjan Saifudin
    2 hari yang lalu

    Semoga terwujuddd.. kami menunggu pak jokowi

  81. Narjan Saifudin
    Narjan Saifudin
    2 hari yang lalu

    Keren banget asli

  82. Hajjah Jumroh
    Hajjah Jumroh
    2 hari yang lalu

    Semoga bisa segera terwujud dan dapat ridho Allah yg maha kuasa Aamiin

  83. Batas kucing
    Batas kucing
    2 hari yang lalu

    Sebelum janur kuning melengkung, Majulah kamu, melangkah lebih maju

  84. Azvega Syahrilla Sazolla
    Azvega Syahrilla Sazolla
    2 hari yang lalu

    Tau rasa manchuria

  85. Azvega Syahrilla Sazolla
    Azvega Syahrilla Sazolla
    2 hari yang lalu

    Minta dibully ini gelar profesor banyak

  86. Azvega Syahrilla Sazolla
    Azvega Syahrilla Sazolla
    2 hari yang lalu

    Tambahin Fairmont ahahah

  87. andray citra
    andray citra
    2 hari yang lalu

    Kereennn pak👍👍

  88. Game Terupdate
    Game Terupdate
    2 hari yang lalu

    Semoga terereujud dengan sempurna walaupun saya tidak dukung bapak saat pilkada saya tetap dukung mau pemimpin nya siapa kalo untuk kemajuan Indonesia saya dukung pak

  89. Azkha Adrera
    Azkha Adrera
    2 hari yang lalu

    GG bang

  90. awan hitam awan
    awan hitam awan
    2 hari yang lalu

    Percuma istana megah..tapi di dalamnya tidak ada mesjidnya..karena orang islam sholat 5 waktu itu penting harus ada

  91. Aprilia Debi
    Aprilia Debi
    2 hari yang lalu

    Pak, saya mau kasih saran, inikan temanya alam, juga ada patung garuda pancasila dan ada rumah rumah adat yang di bangun sebagai simbol beragam indonesia, nah kenapa tidak bapa tambahkan simbol 6 masing masing patung Agama di daerah istana baru, sehingga lebih juga kelihatan nyata dan adil kelihatannya pak. Makasih.

  92. arbainyonanwar
    arbainyonanwar
    2 hari yang lalu

    Merasa bangga sebagai warga kaltim, tepat nya Kab. Paser.

  93. Arif Reza
    Arif Reza
    2 hari yang lalu

    Kalimantan kapan dapat kerjaan di sana ya?..salam kuli proyek

  94. ZAWW FF
    ZAWW FF
    2 hari yang lalu

    EPIC SIH KALO BENERAN JADI MANTAP INDONESIA MAKIN BERKEMBANG

  95. Bamz Melodic
    Bamz Melodic
    2 hari yang lalu

    Jossss

  96. Halim millah
    Halim millah
    2 hari yang lalu

    Semoga aja gak nambah beban utang cucu penerus bangsa ini

  97. Rian Indra Novasagita
    Rian Indra Novasagita
    2 hari yang lalu

    keren ada plaza Bhineka Tunggal Ika mantapppp sekaliiii ibukota baru

  98. Regaza
    Regaza
    2 hari yang lalu

    Sukses buat pembangunannya, keren pak 😍

  99. Khansa 22148
    Khansa 22148
    2 hari yang lalu

    Smoga warga negara Indonesia jg menjaga kebersihan, walaupun desain nya kyk bgini tp klo masyarakat nya buang sampah sembarangan tetep aja jelek dilihat.

  100. Salman Albar
    Salman Albar
    3 hari yang lalu

    Ini bakalan jadi kapan pakde jokowi